RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Pertemuan Ke : 1-5
Alokasi Waktu : 10 x 35
Menit
A.
Standar Kompetensi :
1. Melakukan Operasi Hitung
Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
1.2 Melakukan operasi hitung bilangan bulat
termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran.
C.
Tujuan
Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
§ Menggunakan sifat
komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien
§ Membulatkan
bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
§ Menaksir hasil operasi
hitung dua bilangan
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi
Ajar
Sifat Operasi hitung bilangan bulat
§ Penggunaan sifat
komutatif, Asosiatif, dan Distributif
§ Pembulatan bilangan dalam
satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
§ Menaksir hasil operasi
hitung dua bilangan
E.
Metode
Pembelajaran
Demonstrasi, Tanya Jawab, Deduktif, latihan,
Ekspositori
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran :
Pertemuan
ke 1-2
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali tentang macam-macam bilangan bulat yang telah dipelajari pada
kelas sebelumnya
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan operasi hitung
bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan dengan menggunakan
kancing berwarna-warni yang dapat membantu siswa memahami sifat-sifat operasi
hitung yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari, misalnya : 5 kancing
Merah + 4 Kancing Putih apakah sama dengan
4 kancing Putih + 5 Kancing Merah ? (sifat komutatif penjumlahan).
Setelah selesai melakukan percobaan dan ditarik kesimpulan siswa di uji
kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah
dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan pekerjaanrumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan
ke 3-5
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali tentang cara membulatkan bilangan
bulat yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan operasi hitung
bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjelaskan cara membulatkan bilangan dan
menaksir dengan menggunakan garis
bilangan.
1 2
3 4 5
6 7 8
9 10
dibulatkan ke bawah dibulatkan ke atas
F Kemudian melakukan diskusi mengenai cara
mennaksir hasil operasi hitung, setelah itu siswa diuji leterampilannya dalam,
membulatkan dan menaksir hasil operasi hitung.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru memberikan kesimpulan mengenai materi
yang telah dibahas bersama-sama kemudian memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§ Matematika SD untuk Kelas V 5 B Esis
§ Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 5
§ Kancing Baju
§ White board, papan tulis,
spidol, kapur dan penghapus papan tulis
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menggunakan
sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara
efisien
o Membulatkan
bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
o Menaksir
hasil operasi hitung dua bilangan
|
Tugas IndVidu
dan Kelompok
|
Laporan buku pekerjaan rumah
|
o
50 + 17 = …….+…….
o
–12 X 5 = …….+……
o
12 + ( 14 + 70) = (….+….) + ….
o
10 X (-19 X 5) = (….+…) + ….
o
–14 X (15 + 40) = (….X…,) + (….X….)
o
dst.
|
Format Kriteria Penilaian
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP
: lebih lengkapnya klik di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar