AKADEMIK
SEMESTER I
/ II
TAHUN
PELAJARAN :
NAMA PENGAWAS PAI :
NIP :
NAMA MADRASAH / SEKOLAH
____________________________________________________
ALAMAT :
_____________________________________________________
LEMBARAN PENILAIAN RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Madrasah
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Pendidik
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Kelas
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Mata pelajaran
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Tema/Topik
Pembelajaran
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Waktu
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Hari/tanggal
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Petunjuk :
1.
Berilah penilaian pelaksanaan pembelajaran yang dibuat
guru sesuai aspek-aspek yang ada
2. Semakin baik yang ditampilkan semakin
tingi nilainya (1-4)
A.
MERENCANAKAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN
|
Skala Nilai
|
||||
1. Merumuskan kompetensi dasar dan
indikator
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
2.
Menentukan metode pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
3.
Menentukan pendekatan pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
4.
Menentukan model pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
5. Menentukan kegiatan pembelajaran peserta
didik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
6.
Menentukan langkah-langkah pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
7.
Menentukan cara-cara memotivasi peserta didik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
8.
Menentukan tujuan pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
9.
Menentukan alokasi waktu
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Rata-rata
:
|
|||||
B.
MERENCANAKAN PENGORGANISASISN MATERI PEMBELAJARAN
|
||||||
1.
Kesesuaian materi pembelajaran dengan kurikulum
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
2. Mengembangkan materi pembelajaran yang
sesuai dengan perkembangan siswa
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Rata-rata
:
|
||||||
C.
MERENCANAKAN PENGELOLAAN KELAS
|
||||||
1.
Penataan ruang kelas
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
2.
Pengorganisasian peserta didik aktif dalam
pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Rata-rata
:
|
||||||
D. MERENCANAAN PENGGUNAAN SUMBER MEDIA
PEMBELAJARAN
|
||||||
1.
Memilih sumber pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
2. Menentukan penggunaan alat / media
pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Rata-rata
:
|
||||||
E.
MERENCANAKAN PENILAIAN
|
||||||
1. Menentukan bentuk-bentuk prosedur dan
teknik penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
2.
Menyusun alat penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Rata-rata :
|
||||||
F.
PENAMPILAN FISIK RENCANA PEMBELAJARAN
|
||||||
1.
Penggunaan bahasa tulis
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
2.
Kerapian dan kebersihan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Rata-rata :
|
||||||
Nilai akhir = =
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
Boyolali,
…………………………..
|
|
Mengetahui
|
Pengawas Pai
|
Kepala
|
|
……………………………….
|
……………………………….
|
NIP…………………………….
|
NIP…………………………….
|
Keterangan :
A = 3,28 – 4,00 Sangat Memuaskan
B = 2,78 – 3,27 Memuaskan
C = 2.38 – 2,77 Kurang memuaskan
LEMBAR PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Madrasah
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Pendidik
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Kelas
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Mata pelajaran
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Tema/Topik
Pembelajaran
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Waktu
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Hari/tanggal
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Petunjuk :
1.
Berilah penilaian pelaksanaan pembelajaran yang dibuat
guru sesuai aspek-aspek yang ada
2. Semakin baik yang ditampilkan semakin
tingi nilainya (1-4)
A.
MEMBUKA KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Skala Nilai
|
||||
1.
Menyampaikan materi pengait /persepsi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
2.
Memotivasi peserta didik untuk memulai pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
3.
Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai peserta
didik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Rata-rata
:
|
|||||
B.
MENGELOLA KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||||||
1.
Penguasaan materi pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
2.
Memberi contoh / ilustrasi/analogi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
3.
Menggunakan sumber, alat, media pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
4.
Mengarahkan peserta didik untuk berpartisipasi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
5.
Memberi penguatan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
6. Melaksanakan kegiatan pembelajaran
dengan urutan yang logis / teratur
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
7. Merespon secara positif keingintahuan
peserta didik
|
||||||
8.
Menunjukkan antusiasme / gairah mengajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Rata-rata
:
|
||||||
C.
MENGORGANISASI WAKTU, PESERTA DIDIK, SUMBER DANA DAN
ALAT MEDIA PEMBELAJARAN
|
||||||
1.
Mengatur penggunaan waktu
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
2.
Melaksanakan pengorganisasian peserta didik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
3. Menyiapkan sumber dan alat bantu/ media
pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Rata-rata
:
|
||||||
D.
MELAKSANAKAN PENILAIAN
|
||||||
1.
Melaksanakan penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
2.
Melaksanakan penilaian hadir / akhir
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Rata-rata
:
|
||||||
E.
MENUTUP KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
||||||
1.
Merangkum materi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
2.
Memberi tindak lanjut
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Rata-rata :
|
||||||
F.
PENAMPILAN PENDIDIK
|
||||||
1.
Kesan Umum
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
2. Penilaian dan sikap pendidik dalam
pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Rata-rata :
|
||||||
Nilai akhir = =
Komentar / Saran
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
Boyolali, …………………………..
|
|
Mengetahui
|
Pangawas PAI
|
Kepala
|
|
……………………………….
|
……………………………….
|
NIP…………………………….
|
NIP…………………………….
|
Keterangan :
A = 3,28 – 4,00 Sangat Memuaskan
B = 2,78 – 3,27 Memuaskan
C = 2,38 – 2,77 Kurang memuaskan
LEMBAR PENILAIAN
KETERAMPILAN
MELAKSANAKAN HUBUNGAN PRIBADI
Nama Madrasah
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Pendidik
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Kelas
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Mata pelajaran
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Tema/Topik
Pembelajaran
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Waktu
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Hari/tanggal
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Petunjuk :
- Berilah penilaian keterampilan melaksanakan hubungan pribadi
- Semakin baik yang ditampilkan semakin tingi nilainya (1-4)
A.
MEMBUKA KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Skala Nilai
|
||||
1. Membantu pesdik untuk menyadari kekuatan dan kelemahan diri
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
2.
Membantu pesdik untuk menumbuhkan kepercayaan pada
diri sendiri
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
3. Membantu pesdik untuk dapat
mengekspresikan perasaan dan pikiran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
4.
Menunjukkan simpati
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
5.
menunjukkan keramahan dan menghargai orang lain
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Rata-rata
:
|
|||||
B.
MENAMPILKAN KEGAIRAHAN DAN KESUNGGUHAN DALAM
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
||||||
1.
Menunjukkan kegairahan dalam pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
2.
Memberikan kesan menguasai materi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
3. Menunjukkan kemantapan dalam kegiatan
pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Rata-rata
:
|
||||||
C.
MENGELOLA INTERAKSI DALAM KELAS
|
||||||
1. Mengembangkan hubungan antar pribadi
yang sehat dan serasi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
2. Menciptakan iklim belajar yang kondusif
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Rata-rata
:
|
||||||
Nilai akhir = =
Komentar / Saran
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Boyolali,
…………………………..
|
|
Mengetahui
|
Pangawas PAI
|
Kepala
|
|
……………………………….
|
……………………………….
|
NIP…………………………….
|
NIP…………………………….
|
Keterangan :
A = 3,28 – 4,00 Sangat Memuaskan
B = 2,78 – 3,27 Memuaskan
C = 2,38 – 2,77 Kurang memuaskan
LEMBAR PENILAIAN
AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN
Nama Madrasah
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Pendidik
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Kelas
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Mata pelajaran
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Tema/Topik
Pembelajaran
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Waktu
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Hari/tanggal
|
:
|
…………………………………………………………….
|
Petunjuk :
1. Berilah penilaian aktivitas peserta didik
dalam pembelajaran
2. Semakin baik yang ditampilkan semakin
tingi nilainya (1-4)
Skala Nilai
|
|||||
1.
Pesdik antusias dalam mengikuti pelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
2. Pesdik menyimak ketika guru memberikan
penjelasan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
3.
Pesdik mengajukan pertanyaan pada saat yang tepat
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
4. Pesdik tidak canggung bertanya atau
mengajukan pendapat
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
5. Pesdik melakukan aktivitas sesuai dengan
pengalaman belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
6. Pesdik menunjukkan keinginn untuk
menguasai materi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
7. Pesdik berbahasa dengan baik dan benar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Rata-rata :
|
|||||
Nilai akhir = =
Komentar / Saran
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
Boyolali,
…………………………..
|
|
Mengetahui
|
Pangawas PAI
|
Kepala
|
|
……………………………….
|
……………………………….
|
NIP…………………………….
|
NIP…………………………….
|
Keterangan :
A = 3,28 – 4,00 Sangat Memuaskan
B = 2,78 – 3,27 Memuaskan
C = 2,38 – 2,77 Kurang memuaskan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar