RPP SILABUS SD BERKARAKTER

RPP SILABUS SD BERKARAKTER

Sabtu, 23 Juni 2012

rpp sd | korelasi dengan PLPG


persiapan supervisi by rpp silabus sd berkarakter
INSTRUMEN SUPERVISI
AKADEMIK


SEMESTER I / II
TAHUN PELAJARAN :


NAMA PENGAWAS PAI                :
NIP                                                     :


NAMA MADRASAH / SEKOLAH
____________________________________________________

ALAMAT :

_____________________________________________________





LEMBARAN PENILAIAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Madrasah
:
…………………………………………………………….
Pendidik
:
…………………………………………………………….
Kelas
:
…………………………………………………………….
Mata pelajaran
:
…………………………………………………………….
Tema/Topik Pembelajaran
:
…………………………………………………………….
Waktu
:
…………………………………………………………….
Hari/tanggal
:
…………………………………………………………….

Petunjuk :
1.      Berilah penilaian pelaksanaan pembelajaran yang dibuat guru sesuai aspek-aspek yang ada
2.      Semakin baik yang ditampilkan semakin tingi nilainya (1-4)

A.    MERENCANAKAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN
Skala Nilai
1.      Merumuskan kompetensi dasar dan indikator
1
2
3
4
2.      Menentukan metode pembelajaran
1
2
3
4
3.      Menentukan pendekatan pembelajaran
1
2
3
4
4.      Menentukan model pembelajaran
1
2
3
4
5.      Menentukan kegiatan pembelajaran peserta didik
1
2
3
4
6.      Menentukan langkah-langkah pembelajaran
1
2
3
4
7.      Menentukan cara-cara memotivasi peserta didik
1
2
3
4
8.      Menentukan tujuan pembelajaran
1
2
3
4
9.      Menentukan alokasi waktu
1
2
3
4

Rata-rata :










B.     MERENCANAKAN PENGORGANISASISN MATERI  PEMBELAJARAN

1.      Kesesuaian materi pembelajaran dengan kurikulum
1
2
3
4
2.      Mengembangkan materi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan siswa
1
2
3
4

Rata-rata :











C.     MERENCANAKAN PENGELOLAAN KELAS

1.      Penataan ruang kelas
1
2
3
4
2.      Pengorganisasian peserta didik aktif dalam pembelajaran
1
2
3
4

Rata-rata :



D.    MERENCANAAN PENGGUNAAN SUMBER MEDIA PEMBELAJARAN

1.      Memilih sumber pembelajaran
1
2
3
4
2.      Menentukan penggunaan alat / media pembelajaran
1
2
3
4

Rata-rata :











E.     MERENCANAKAN PENILAIAN

1.      Menentukan bentuk-bentuk prosedur dan teknik penilaian
1
2
3
4
2.      Menyusun alat penilaian
1
2
3
4

Rata-rata :











F.      PENAMPILAN FISIK RENCANA PEMBELAJARAN

1.      Penggunaan bahasa tulis
1
2
3
4
2.      Kerapian dan kebersihan
1
2
3
4

Rata-rata :











Nilai akhir =  =



………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………


Boyolali, …………………………..
Mengetahui
Pengawas Pai
Kepala









……………………………….
……………………………….
NIP…………………………….
NIP…………………………….



Keterangan :
A         = 3,28 – 4,00   Sangat Memuaskan
B         = 2,78 – 3,27   Memuaskan
C         = 2.38 – 2,77   Kurang memuaskan



LEMBAR PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Madrasah
:
…………………………………………………………….
Pendidik
:
…………………………………………………………….
Kelas
:
…………………………………………………………….
Mata pelajaran
:
…………………………………………………………….
Tema/Topik Pembelajaran
:
…………………………………………………………….
Waktu
:
…………………………………………………………….
Hari/tanggal
:
…………………………………………………………….

Petunjuk :
1.      Berilah penilaian pelaksanaan pembelajaran yang dibuat guru sesuai aspek-aspek yang ada
2.      Semakin baik yang ditampilkan semakin tingi nilainya (1-4)

A.    MEMBUKA KEGIATAN PEMBELAJARAN
Skala Nilai
1.      Menyampaikan materi pengait /persepsi
1
2
3
4
2.      Memotivasi peserta didik untuk memulai pembelajaran
1
2
3
4
3.      Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai peserta didik
1
2
3
4

Rata-rata :










B.     MENGELOLA KEGIATAN  PEMBELAJARAN

1.      Penguasaan materi pembelajaran
1
2
3
4
2.      Memberi contoh / ilustrasi/analogi
1
2
3
4
3.      Menggunakan sumber, alat, media pembelajaran
1
2
3
4
4.      Mengarahkan peserta didik untuk berpartisipasi
1
2
3
4
5.      Memberi penguatan
1
2
3
4
6.      Melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan urutan yang logis / teratur
1
2
3
4
7.      Merespon secara positif keingintahuan peserta didik




8.      Menunjukkan antusiasme / gairah mengajar
1
2
3
4

Rata-rata :











C.     MENGORGANISASI WAKTU, PESERTA DIDIK, SUMBER DANA DAN ALAT MEDIA PEMBELAJARAN

1.      Mengatur penggunaan waktu
1
2
3
4
2.      Melaksanakan pengorganisasian peserta didik
1
2
3
4
3.      Menyiapkan sumber dan alat bantu/ media pembelajaran
1
2
3
4

Rata-rata :











D.    MELAKSANAKAN PENILAIAN

1.      Melaksanakan penilaian
1
2
3
4
2.      Melaksanakan penilaian hadir / akhir
1
2
3
4

Rata-rata :











E.     MENUTUP KEGIATAN PEMBELAJARAN

1.      Merangkum materi
1
2
3
4
2.      Memberi tindak lanjut
1
2
3
4

Rata-rata :











F.      PENAMPILAN PENDIDIK

1.      Kesan Umum
1
2
3
4
2.      Penilaian dan sikap pendidik dalam pembelajaran
1
2
3
4

Rata-rata :











Nilai akhir =  =


Komentar / Saran
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………


Boyolali, …………………………..
Mengetahui
Pangawas PAI
Kepala







……………………………….
……………………………….
NIP…………………………….
NIP…………………………….

Keterangan :
A         = 3,28 – 4,00   Sangat Memuaskan
B         = 2,78 – 3,27   Memuaskan
C         = 2,38 – 2,77   Kurang memuaskan


LEMBAR PENILAIAN
 KETERAMPILAN MELAKSANAKAN HUBUNGAN PRIBADI

Nama Madrasah
:
…………………………………………………………….
Pendidik
:
…………………………………………………………….
Kelas
:
…………………………………………………………….
Mata pelajaran
:
…………………………………………………………….
Tema/Topik Pembelajaran
:
…………………………………………………………….
Waktu
:
…………………………………………………………….
Hari/tanggal
:
…………………………………………………………….

Petunjuk :
  1. Berilah penilaian keterampilan melaksanakan hubungan pribadi
  2. Semakin baik yang ditampilkan semakin tingi nilainya (1-4)

A.    MEMBUKA KEGIATAN PEMBELAJARAN
Skala Nilai
1.      Membantu pesdik untuk menyadari  kekuatan dan kelemahan diri
1
2
3
4
2.      Membantu pesdik untuk menumbuhkan kepercayaan pada diri sendiri
1
2
3
4
3.      Membantu pesdik untuk dapat mengekspresikan perasaan dan pikiran
1
2
3
4
4.      Menunjukkan simpati
1
2
3
4
5.      menunjukkan keramahan dan menghargai orang lain
1
2
3
4

Rata-rata :










B.     MENAMPILKAN KEGAIRAHAN DAN KESUNGGUHAN DALAM KEGIATAN  PEMBELAJARAN

1.      Menunjukkan kegairahan dalam pembelajaran
1
2
3
4
2.      Memberikan kesan menguasai materi
1
2
3
4
3.      Menunjukkan kemantapan dalam kegiatan pembelajaran
1
2
3
4

Rata-rata :











C.     MENGELOLA INTERAKSI DALAM KELAS

1.      Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi
1
2
3
4
2.      Menciptakan iklim belajar yang kondusif
1
2
3
4

Rata-rata :













 


Nilai akhir =  =


 Komentar / Saran
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


Boyolali, …………………………..
Mengetahui
Pangawas PAI
Kepala









……………………………….
……………………………….
NIP…………………………….
NIP…………………………….



Keterangan :
A         = 3,28 – 4,00   Sangat Memuaskan
B         = 2,78 – 3,27   Memuaskan
C         = 2,38 – 2,77   Kurang memuaskan



LEMBAR PENILAIAN
AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN

Nama Madrasah
:
…………………………………………………………….
Pendidik
:
…………………………………………………………….
Kelas
:
…………………………………………………………….
Mata pelajaran
:
…………………………………………………………….
Tema/Topik Pembelajaran
:
…………………………………………………………….
Waktu
:
…………………………………………………………….
Hari/tanggal
:
…………………………………………………………….

Petunjuk :
1.      Berilah penilaian aktivitas peserta didik dalam pembelajaran
2.      Semakin baik yang ditampilkan semakin tingi nilainya (1-4)


Skala Nilai
1.      Pesdik antusias dalam mengikuti pelajaran
1
2
3
4
2.      Pesdik menyimak ketika guru memberikan penjelasan
1
2
3
4
3.      Pesdik mengajukan pertanyaan pada saat yang tepat
1
2
3
4
4.      Pesdik tidak canggung bertanya atau mengajukan pendapat
1
2
3
4
5.      Pesdik melakukan aktivitas sesuai dengan pengalaman belajar
1
2
3
4
6.      Pesdik menunjukkan keinginn untuk menguasai materi
1
2
3
4
7.      Pesdik berbahasa dengan baik dan benar
1
2
3
4

Rata-rata :









Nilai akhir =  =
Komentar / Saran
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………


Boyolali, …………………………..
Mengetahui
Pangawas PAI
Kepala





……………………………….
……………………………….
NIP…………………………….
NIP…………………………….

Keterangan :
A         = 3,28 – 4,00   Sangat Memuaskan
B         = 2,78 – 3,27   Memuaskan
C         = 2,38 – 2,77   Kurang memuaskan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar